Senin, 22 Juli 2013

Organisasi (intro,1,2,3)



Haaaaaalo :D
Long time no see huh?
You must be missing me.
Kalian2 pasti sering denger namanya organisasi kan ya? Sebenernya apa sih organisasi itu?
No no no, aku nggak bakal ngebahas soal definisi “organisasi” ato mengkritisi organisasi itu sendiri. Oke? This is my blog, not wikipedia or selmapedia. So, aku mau bahas soal organisasi2 yang pernah menggentayangi hidupku 19 tahun 0 bulan 2 hari ini. Wow -_-
Menurut penelitian, orang yang berorganisasi itu punya nilai sosial yang tinggi, kerjasama dan kreatifitas yang tinggi pula.
Sekarang semenjak dewasa aku jadi ngerti, orang pinter ngga selalu bahagia. Trust me. Orang pinter mengikuti form, punya ikatan tersendiri dengan buku2 dan materi, creativeless. I guess.. kalo IP sempurna jadi karyawan aja, kan pinter menjalankan aturan yang telah ditetapkan :D
Sementara orang kreatif selalu berusaha keluar dari zona aman dengan mengikuti apa yang dianggapnya asyik. Gue ngga bilang kalo orang yang sok asik itu kreatif, yaa pokoknya gitu deh. Maka, gue membuat perubahan besar dengan sedikit meninggalkan kebiasaan kutu buku gue dengan ikut jadi anak nongkrong. Nongkrong dikamar maen monopoli.
Ngga. Ya minimal gue yang sekarang jadi lebih aktif bersosialisasi sama temen2 deh. Setelah gue sadar, waktu sama temen itu bisa berakhir dengan cepat dan takkan terulang. Temen jaman smp misalnya, atau sebelum ditemukannya mesin waktu. Tapi semua bakal beda! Gue bakal tau siapa yang naroh permen karet di rambut gue ato si opik yang bakal ngadu domba gue sama nela. Ahh .. it is worst..
Fine, itu sedikit tentang kenapa gue bisa sadar. Sekarang kita ulas habis organisasi-organisasi yang pernah gue jabanin termasuk bibit2nya.

1.       TK
Jaman TK gue belum ada BEM, tapi gue udah keliatan nonjolnya sok2an. Gue suka rebutan nyiapin barisan sebelum masuk kelas. Gue selalu jadi pemenang. Begitu juga pas rebutan ayunan. Mainan primadona di TK gue tercinta, TK Rimbani III. Gue kira ini asal muasal gue jadi confidence untuk menjadi nomer satu. Gue harus diperhatiin. Ato dimarahin emak temen2 yang gue kalahin saingan ayunan. Secara TK kan gue berangkat sendirian, emak gue ngejagain adek gue yang masih bayi, mana kembar lagi. Gue bodo’ amat.
2.       SD
Nah jaman SD ini yang bikin gue kadang2 suka geli. Gue tomboy dan suka fighting sama temen2 cowok. Inget! Bukan flirting tapi fighting. Gue raja tega banget dulu. Ngga cewek ngga cowok maen bentak aja. Pokoknya gue nggaboleh kalah dari cowok. Tapi kalah sama cewek, buktinya? Nih masih ada bekas cakaran si Nuning di jari manis gue. Gue rebutan Ela sama Rani. Nuning bertindak. Bukan. Gue bukan lesbi, tapi nggatau pengen aja sebangku sama ela. Udah nggausa nanya2 lagi. Di SD gue gaada organisasi juga, tapi berasa tiap hari jadi bendahara dari kelas 3 sd. Kalo ngga ya tukang nyatet di kelas. Sumpah tulisan guweeeeh -_-
Dari kelas 1 sd gue juga suka rebutan jadi yang nyiapin di dalem kelas. Bodo’ amat gue pokoknya harus jadi yang diutamakan, diperhatikan, dihormati, dianggep keren. Wihhhhh..... kecil2 udah ngetril. Saingan gue jaman sd pas kecil ya si Rani, sekarang sahabat gue. Haaaa
Tapi rani cewek banget. pas kelas 5 sd sampe penghujung sd gue jadi pemimpin upacara dan suka berantem sama anak cowok. Laki banget dahhhh.......
Pokoknya gue harus yang memimpin, mencetak sejarah, dan diperhatiin.
3.       SMP
Nah ini nih... jaman awal gue ikutan organisasi. Awalnya  sih modus2an. Gue deket sama anak2 kelas 3 soalnya gue dititipin mas2 bunga buat pacarnya pas pramuka. Gue sepik2 trus mereka deket sama gue. Katanya gue bawel dan gemesin. Gue tau gue cakep. Oh ngga dibahas yaa? Maaf -_- dari situlah gue tahu ada mas2 cakep sekelas 3 namanya mas fauzi. Yaudah. Pas dikelas gue mewakili kelas di rapat osis trus gue kepilih deh satu seksi sama mas fauzi. Waaaahhh amazing. Coba tebak jadi apa? Seksi ketuhanan yang maha esa agama Islam. GGggggrrrr
Akhirnya gue beberapa kali jadi MC di acara2 islami, buka bersama contohnya. Ebuseeeet -.-
Kelas 2 harusnya jadi awal gue yang mentereng. Gue sakit. Gue ngga ikut pemilihan ketua osis. Gue kecewa. Tambah kecewa lagi gue denger pak ... bilang kalo gue berangkat harusnya gue yang jadi. Tapi yaudah.
Smp gue ikutan ekstrakulikuler pramuka jadi tim inti, jambore yang Cuma 500 meter dari rumah gue. Tidur dirumah mandi dirumah makan dirumah. Tapi dapet juara. Dapet gebetan juga.
Trus drumband sempet jadi cheerleaders, mayoret, Tam-Tam, Genderang, Pianika. Dari semua itu Cuma pianika yang membawaku sampe ke ujung pementasan.
Satu lagi, gue ikutan ekstrakulikuler karawitan. Keren deh.. gue nabuh2 kenong sampe kenongnya peyot -_- dari situ gue bisa satu ekstra sama guru2 sekolah gue yang juga kepo banget soal karawitan. Ujan2 sore2 main gituan rasanya TOP banget deh xD 
Eh iya lupa, gatau ini namanya organisasi bukan. Tapi intinya gue masuk di 9 orang olimpiader. Pokoknya kalo ada perlombaan orangnya ya 9 itu aja.. ntar gue ceritain di masa smp gue.
4.       SMA
Di SMA gue ngerasa desperate banget. banyak yang gasuka sama gue. Gue dekil. Jelek. Rendah hati. Eh bodo’ gue gatau. Kayaknya gara2 satu cowok deh gue disebelin sama seantero. Mantan gue ketua osis. Trus gue gamau jadi osis. Gue ikutan majalah sekolah. Namanya Majalah Esensi. Disitu gue dapet pacar. Tapi seniornya udah keburu lulus pas gue pacarin. Disitu juga gue dapet pacar lagi. Tapi.. yahhh .. bertahan sampe gue lulus sma. Pokoknya pas elu buka covernya bakal kepampang foto gede, kepala sekolah gue. Haha
Oke dibaliknya ada foto redaksi nah itu ada gue. Mengawali karir sebagai sekretaris, terus banyak lagi. Asal tau aja, itu majalah eksekutif banget anggotanya. Kalo osis diambil puluhan orang, majalah esensi? Sesekolahan Cuma ada 11 orang anggota. Betapa kerennya.
Gue juga ikutan Kelompok Ilmiah Remaja tapi pas ada eksperimen aja khususnya pas bikin makanan. Minas contohnya, ato eskrim :9
Gue juga join Rohis lohhh .. ngga pernah absen tiap ada dzaroh di kudus, muria, demak. Nah loh gue gapernah absen.
5.       Kuliah
Ini nih.. gara2 rasa kepo dan kejombloan gue. Rasa kesepian gue. Gue jadiin organisasi sebagai pelampiasan. Kasian. Semua nya gue ikutin, eh dasar maba yang kepo tujuh turunan mana jugadi unnes banyak UKM organisasi yang kayaknya keren bikin gue mabok. Semuanya gue daftar. Dari Radio, Boga, HIMA, paduan suara, panitia PPA, panitia ESA Week, berbagai seminar dan bahkan Fotografipun gue jabanin. Endingnya? Gue ditolak gila2an. Jiwa gue menolak gue. Gue nggapunya kamera. gue nggapunya waktu. Gue suka tidur. Apasih –“
Akhirnya, yang berhasil gue masukin yaitu:
UKM Radio Ekspresi Mahasiswa
Gue tau gue bawel, gue cerewet, gue sok ngasik. Jadi gue berusaha kumpul sama orang2 yang gue kira sama kayak gue. Tapi gue rasa gue ngga cocok. Tapi gue udah punya nama, Sharontory Burch. Bukan sarung -_- Sheren !
UKM Boga
Ini demi masa depan gue. Biar gue keliatan pinter masak di depan bakal calon mertua, calon mertua, dan mertua gue kelak. Satu lagi gue sukaaakkk banget masak. Sukaaaaaa banget makan. Suka bereksperimen dan suka ngeracunin orang. Eh -_- gue ngga pernah absen dari praktikum boga. Masak. Itu yang penting. Prestasi gue? Gue bisa balik pancake langsung lempar dari teflonnya.
Bidang D’soul
D’soul ato symphoni our love itu bidang, semacam UKM tapi di jurusan. Intinya itu dia paduan suara kebanggaan bahasa inggris. Yey! Bedanya sama paduan suara lain yaitu, kalo Uncho ngiringi pas wisuda S1 UNNES. Nah, pascasarjananya UNNES itu miliknya D’soul. Keren kan? Yang lain? Gatau ngapain selain ikutan lomba padus fakultas. Di D’soul suara pas2an gue masuk kategori Alto. Bener2 pas2an. *nangis*
DPM KM Universitas
Disini gue nemu rumah gue. Rumah dimana gue merasa punya dan dipunyai. Dihargai tiap pendapat dan denger semua pendapat. Gue suka politik. Gue nggasuka ribet. Asalnya sih nyasar, tapi Allah selalu memberi jalan yang tak terduga untuk gue. Gue ngga ditakdirkan di HIMA maupun BEMFak, tapi di Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Awal karir gue, gue jadi staff ahli advokasi. Pas! Gue demen nyepik. Sekarang gue udah jadi dewan. Gue bersyukur banget.
Bentar ya, gue tidur dulu. Ngantuk.

Oke. Gue udah bangun dan udah dari beberapa hari yang lalu cuman buat ngelanjutin nulis gue rada males ,--

Iya. Tahun kedua di DPMKM UNNES gue di daulat jadi Sekretaris Umum. Gila ya? Sekretaris negara. Sekretaris Universitas. Gue berasa keren. Keren banget :3
Gue maklum, selain gue yang dari bahasa walaupun bahasa inggris, gue termasuk orang yang detail dan suka ngamuk2 kalo ngga nurut EYD ato dirasa ngga pas sama kondisi. Dan gue ngerasa di sini gue yang paling ahli disini. Hahaha belagu -_-
Gini2 gue pas SMA tiap ulangan sering dapet 100. UN gue juga nyaris 9 pas SMP. Murni. Gue suka bahasa. Tapi lebih suka  hitungan. Suka juga hapalan. Suka lagi main boneka  –“
Google Champion-Google Student Ambassador
Ini organisasi gue yang nyenengin. Seleksinya keren dari 500 disaring 17. haha trus diseleksi lagi 3 jadi Google Student Ambassador dan gue termasuk salah satunya. Ini adalah organisasi eksternal non-politik gue. Gue netral. Gue bangga setengah mampus! :’)
Ntar kelengkapannya bakal gue bahas di episode mendatang. Intinya, this is the most awesome experience of mine!!
FL2MI
Ini forum nasional legislatif, secara gue kan dewan perwakilan universitas jadi yahh minimal ikut2 ginian juga biar pikiran berkembang, bersosialisasi, cukup tau, dan bisa ngasih yang terbaik buat universitas gue. Gue jujur. Gue suka politik. Gue pengen jadi presiden. Tapi takut cepet tua. Trus gue mutusin buat jadi anggota DPR RI juga jadi pengusaha. Keren kan? Amin.
Di fl2MI gue masih cupu. Gue follower. Gue belum nimbrung. Gue takut mereka silau karena kesilauan gue. Gue pake topi lampu HD =.= eh enggak. Gue Cuma ngerasa kalo sekarang  belum waktunya eksis. Mungkin tahun depan. Gue masih belajar untuk memahami. Memahami hati #plakkkkkk

Di setiap organisasi yang gue ikutin, semakin dewasa gue berusaha bergaul dengan siapa aja, ada yang berbeda dari yang preman sampe pake cadar gue ngga takut. haha semua manusia pada dasarnya adalah sama. Gue cuma berusaha menempatkan diri sesuai gue dan bisa bergaul sama mereka. berbagai kalangan gue ladenin. teman itu DIAMONDS :) 
Gue suka menjadi berbeda dari orang sekitar gue. gue kira gue unik.

Trus apalagi ya? Kayaknya gini dulu deh. Ntar gue posting riwayat organisasi gue. Jangan ditiru. Semua ini merusak otak kita K
tebak gue yang mana


2 komentar: